Sunday, May 11, 2008

DOTA WCG 2008 Rules

Information below is the rules of Dota WCG 2008 that being held on Bandung 2008 24-27 April 2008 at Be-Mall. It might be used on others Dota WCG 2008 match. Please read carefully and remember it, otherwise you may do not want to be disqualified.

DOTA WCG 2008

Game Version
kompetisi ini menggunakan Mod "Defense of The Ancients" dalam video game "Warcraft III - the Frozen Throne".
Kompetisi ini menggunakan map terbaru yang stabil yaitu 6.48b

Format Pertandingan

Bagian ini menjelaskan sejumlah format/bentuk yang akan digunakan dalam pertandingan. Pilihan dari format pertandingan adalah sepenuhnya ditentukan oleh tournament organizer berdasarkan struktur tournament nya.

Contoh di Indonesia mungkin waktu tidak mencukupi jika tiap match ditandingkan sampai beres, organizernya diperbolehkan set match format dengan time limit contoh 90 menit dan point system.

Game Setting
Game setting yang akan digunakan secara default :
Game Mode : Extended League Mode (-Ap mode yang harus diketik in-game)

Items dan Larangan Heroes
Hero hero berikut ini tidak diizinkan untuk digunakan dalam tournament :
- Pit Lord
- Undying
- Dark Seer
- Templar Assassin
- Sacred Warrior
- Storm Spirit
- Faerie Dragon

Setiap tim, total hanya boleh memiliki :
- Dua Necronomicon
- Satu Refresher Orb
- Satu Arcane Ring

Setiap tim, total hanya boleh memiliki antara :
- Dua Eul's Scepter of Divinity
- Dua Guinsoo's Scythe of Vyse
- Satu Eul's Scepter of Divinity dan Satu Guinsoo's Scythe of Vyse

Tidak diizinkan untuk membeli item untuk pemain lain dalam team kamu dengan pengecualian item2 berikut ini, yang tidak boleh dijual jika ditransfer:
- Aegis
- Clarity Potion
- Tango of Essifation
- Observer Wards
- Sentry Wards
- Scroll of Town Portal
- Flask of Sapphire Water
- Gem of Truesight
- Cheese
- Chickens/Animal Courier

Item2 di bawah ini dapat di share, tetapi harus dikembalikan ke si pemiliknya dalam waktu yang sesuai:
- Ring of Health
- Ring of Regeneration
- Void Stone
- Sobi Mask
- Perseverance
- Ring of Basilius
- Headress of Rejuvenation
- Bottle

Diizinkan untuk share unit control untuk membeli item, selama item tersebut diberikan secepatnya ke player yang membayar untuk item tsb.

Item musuh adalah item yang drop dari Kill atau Courier. Item musuh boleh diambil oleh :
- Semua pemain musuh, dan item tersebut dianggap menjadi miliknya. Hero musuh yang memungut item drop diizinkan untuk memberikan item tersebut ke temannya, atau menggunakannya sendiri atau menjualnya. Jika ia memilih untuk meberi item drop tersebut ke temannya, maka item tersebut secara permanen menjadi milik temannya, tidak boleh ditransfer kembali, tapi boleh dipakai atau dijual.
- Semua pemain teman, yang harus mengembalikan item tersebut ke pemiliknya tanpa menggunakan atau mengambil keuntungan dari item tersebut, atau dapat diletakkan di dekat fountain sehingga pemiliknya bisa mengambilnya lagi. Hal ini akan diperhatikan dan dipertimbangkan dengan seksama oleh observer jika terjadi serangan secara tidak sengaja.

Item Divine Rapier tidak pernah terhitung sebagai Item musuh.
Tidak diizinkan untuk dengan sengaja bunuh diri untuk mendrop item dan diberikan ke pemain lain.
Tidak diizinkan block creep menggunakan jurus. Creep blocking hanya diizinkan dengan menggunakan tubuh hero.
Tidak diizinkan menjebak musuh di dalam pepohonan secara sengaja.
Membunuh teman sendiri diizinkan dalam kondisi teman tersebut terkena jurus Doom atau racun.
Backdooring diizinkan. Namun pemain tidak dapat menggunakan bentuk apapun teleport (furion skill, ignis fatuus or boots of travel) untuk memasuki base musuh jika creep nya tidak ada disana.

Sebelum pertandingan
Pertandingan akan dimainkan berdasarkan struktur turnament dan jadwal yang telah ditetapkan oleh turnamen officials. Peserta disarankan untuk tetap menyadari jadwal nya masing-masing untuk menghindari delay atau diskualifikasi.

Sebelum pertandingan, setiap team harus memperkenalkan Captain team kepada Tournament Officials. Captain team bisa adalah salah satu dari 5 peserta. Captain team harus tetap hingga turnamen berakhir. Captain team adalah orang yang bertanggung jawab terhadap team nya. Dia yang akan mengumumkan hero yang akan dipilih dan dihapus oleh team nya.

Untuk format pertandingan "single-game match" pilihan sisi antara sentinel dan scourge dapat diputuskan oleh kedua team (secara diskusi) atau lempar koin jika mereka tidak mencapai kesepakatan bersama.

Untuk format pertandingan "best-of-two" setiap team bermain bergilir sebagai sentinel dan scourge. Untuk game pertama, pilihan sisi antara sentinel dan scourge dapat diputuskan dengan kesepakatan bersama kedua team atau lempar koin jika kesepatakan tidak tercapai.

Untuk format pertandingan "best-of-three" setiap team bermain bergilir sebagai sentinel dan scourge. Untuk game pertama, pilihan sisi antara sentinel dan scourge dapat diputuskan dengan kesepatakan bersama kedua team atau lempar koin jika kesepatakan tidak tercapai. Jika game ketiga harus dimainkan, peraturan memilih sisi antara sentinel atau scourge sama dengan peraturan pemilihan game pertama.

Sebelum game dimulai, setiap team akan menghapus 3 heroes dengan langkah2 berikut :
- Team Sentinel menghapus 1 hero
- Team Scourge menghapus 1 hero
- Team Sentinel menghapus 1 hero
- Team Scourge menghapus 1 hero
- Team Sentinel menghapus 1 hero
- Team Scourge menghapus 1 hero

Lalu setiap team akan memilih 5 hero dengan langkah2 berikut :
- Team Sentinel memilih 1 hero
- Team Scourge memilih 2 hero
- Team Sentinel memilih 2 hero
- Team Scourge memilih 2 hero
- Team Sentinel memilih 2 hero
- Team Scourge memilih 1 hero

Untuk setiap langkah2 diatas, Captain team hanya punya waktu 1 menit untuk mengumumkan pilihan nya.
Dilarang untuk memilih hero yang berbeda dari apa yang telah diputuskan sebelum nya.

Dalam Pertandingan
Pertandingan resmi hanya dapat dimulai dan dimainkan ketika wasit/juri telah memberi signal untuk memulai nya. Setiap pertandingan yang dimulai tanpa persetujuan oleh wasit/juri akan dianggap sebagai pertandingan yang tidak official. Ketika pertandingan memerlukan pemain untuk siap, pemain punya 1 menit setelah signal untuk siap dan memulai pertandingan.

Selama pertandingan official, pemain tidak diizinkan berkomunikasi dengan orang2 yang tidak bersangkutan dengan game tersebut (contoh: penonton) atau bahkan ketika game sedang di pause. Orang2 yang bersangkutan dalam pertandingan hanya pemain dan tournament official.

Pemain tidak diperbolehkan untuk meninggalkan game official yang masih berjalan jika tidak diizinkan oleh format pertandingannya sendiri atau telah diizinkan oleh tournament official.

Ketika pertandingan official, pemain harus save game 10 menit atau setelah hal2 penting terjadi, jika tidak ada tournament official atau host di game tersebut. Pemain tidak diizinkan men-save game ketika hal2 penting terjadi.
Jika pertandingan secara tidak disengaja terputus/terhambat (player crash, server crash, network putus), peraturan2 di bawah ini berlaku :
Jika pertandingan terputus sebelum "first blood" atau 10 menit awal pertandingan, maka pertandingan tersebut harus diulang dari awal. Sebelum pertandingan ulang dimulai, pemain harus memilih hero dan item yang sama dengan sebelumnya dan harus pergi ke line yang sama. Ketika creep pertama keluar, pemain boleh berpindah line.

Jika pemain terputus/DC setelah "first blood" atau 11 menit awal pertandingan :
- Jika team A telah membunuh 5 hero lebih banyak dari team B dalam period dari savegame yang terakhir dan disconnection, maka team A dapat memilih untuk melanjutkan permain tanpa pemain yang terputus atau memulai dari savegame yang terakhir. Untuk menghitung jumlah kill, setiap team harus mempertimbangkan bahwa tower terhitung 3 kill, Aegis terhitung 1/2 dan Rax terhitung 5 kill.
- Jika kedua team punya jumlah kill yang sama atau lebih kecil dari 5 lebih nya dibanding team lawan, pertandingan akan diulang darisavegame terakhir.
- Jika pemain yang sama terputus/DC lebih dari 3 kali, maka team musuh dapat memilih untuk melanjutkan permainan tanpa pemain yang terputus atau bermain ulang dari savegame terakhir.

Jika pertandingan berlanjut tanpa pemain tersebut, maka temannya dapat :
- menggunakan hero nya dan menjual semua itemnya. Item tersebut tidak dapat diberikan ke pemain lain.
- membawa hero nya ke base, dan menjual semua item nya.

Setelah Pertandingan


Setiap team harus save replay pertandingan (jika tidak ada wasit/juri).
Ketika team mengaku menjadi korban dari pelanggaran peraturan yang dilakukan team musuh selama pertandingan, pemain tidak diizinkan untuk memberhentikan pertandingan dalam bentuk apapun dan menyelesaikan pertandingan sebagaimana mestinya. Ketika pertandingan berakhir, Captain Team diizinkan untuk secara official meminta investigasi mengenai pertandingan tersebut kepada Tournament Officials. Sangat disarankan untuk memberikan informasi/bukti penting yang dapat membantu Tournament Director dalam investigasinya. Pemain yang menyalahgunakan hak ini dapat dikenakan sangsi.

Untuk sebuah pertandingan, kedua Captain Team harus melaporkan score pertandingan ke tournament official dan menandatangani berkas laporan pertandingan. Setelah menandatangani laporan berkas pertandingan, team tidak dapat kembali komplain mengenai hasil pertandingan tersebut.

Sangsi dan Peringatan
Team dapat diberi teguran dan peringatan jika salah satu pemainnya melakukan kesalahan berikut ini:
- menolak untuk mengikuti perintah Tournament Official
- datang terlambat berdasarkan jadwal nya sendiri
- menunjukkan ketidaklayakan dengan kata2 atau tindakan
- menggunakan kata2/tindakan yang sifatnya menghina
- bersalah karena tindakan2 yang sifatnya tidak mensupport

Team dapat diberi teguran atau didiskaulifikasi jika salah satu pemainnya melakukan pelanggaran dibawah ini :
- menerima lebih dari satu peringatan
- bersalah dengan melakukan kekerasan fisik
- menggunakan cara2 lain yang tidak semestinya/fair
- menyalahgunakan atau menggandakan tournament official
- tidak hadir ketika jadwal pertandingan
- melanggar salah satu peraturan2 ini

Team dikeluarkan secepatnya dari pertandingan yang berjalan, atau selanjutnya jika sedang tidak bermain.

Setelah perhiutungan dan penilaian yang mata oleh Competition manager dan Tournament Director, team yang dikeluarkan dapat dikenai sangsai tambahan seperti diskualifikasi di banyak pertandingan berikutnya, team didiskualifikasi dari tournament, dan tidak diizinkan mengikuti tournament berikutnya.

Team yang didiskualifikasi secara otomatis dianggap kalah di semua pertandingan berikutnya dan kehilangan semua hak dan hadiah yang seharusnya didapat. Dalam konteks group, hasil2 dari pertandingan sebelumnya dalam group tersebut dibatalkan dan dianggap kalah secara default, maka semua point kemenangan atau kekalahan akan didistribusi ulang.

--

Yulius
yulius@fatalation.com
http://www.fatalation.blogspot.com

No comments: